top of page

25 Manfaat dan Khasiat Sayur Hidroponik untuk Kesehatan

Updated: Dec 6, 2018



Khasiat.co.id – Sayuran Hidroponik adalah jenis sayuran yang ditanam dengan teknik hidroponik, yaitu cara menanam tumbuhan dengan banyak gunakan media air. Meski tidak semuanya berupa air, namun hidroponik memang sama sekali tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Untuk pengganti tanah biasanya menggunakan batu atau pasir.

Sayuran Hidroponik sangat terkenal di masyarakat sebagai sebuah tanaman yang bisa ditanam oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Itu mengingat pada mudahnya cara menanam. Hanya membutuhkan peralatan, pupuk tanaman, dan sinar matahari saja. Secara kualitas, sayuran yang ditanam dengan teknik hidroponik tak ada bedanya soal rasa. Namun secara visual biasanya beda, daun hijau terlihat lebih muda. Dan secara keseluruhan tampil lebih bersih sayurannya.


Anda mungkin adalah salah satu orang yang memiliki hobi menanam sayuran secara hidroponik. Namun sudah tahukah anda tentang manfaat sayuran hidroponik untuk kesehatan? Inilah berbagai manfaatnya sudah kami susun di bawah ini:

1. Memiliki Kandungan Air yang Tinggi

Kandungan air yang tinggi pada sayuran hidroponik akan membuat anda terbebas dari dehidrasi. Siklus buang air kecil juga jadi lancar. Dan yang paling penting, secara keseluruhan, tubuh anda akan terasa ringan bebas dari penyakit. Sebab, air memang amat dibutuhkan tubuh.

2. Mencegah Kerusakan Sistem Syaraf

Syaraf seseorang bisa saja rusak karena suatu hal. Misalnya karena benturan yang menyebabkan trauma atau malah karena tekanan psikologis yang selalu merundung. Kerusakan syaraf paling fatal dan mengerikan seperti epilepsi dan stroke bisa anda cegah dengan banyak mengonsumsi manfaat sayuran hidroponik.

3. Menutrisi Kulit

Khasiat Sayuran Hidroponik bisa untuk menutrisi kulit anda, Supaya tampak awet muda. Memang sayuran ini sangat ampuh untuk meremajakan kulit anda. Tidak hanya kulit wajah, tetapi kulit seluruh tubuh. Rasakan saja nanti perbedaannya, pastilah mencolok!

4. Menguatkan Akar Rambut

Manfaat sayuran Hidroponik selanjutnya adalah dapat menguatkan akar rambut. Bagaimana bisa terjadi? Karena sayuran ini kaya dengan zink dan kalsium yang bisa menguatkan akar rambut anda. Jadi tidak mudah rontok. Dan anda pun terbebas dari serangan kebotakan rambut.

5. Menurunkan Kadar Trigliserida

Kadar Trigliserida juga bisa diturunkan dengan khasiat dari sayuran hidroponik ini. Apalagi memang sayur ini begitu baik untuk membersihkan pembuluh darah, tempat di mana zat trigliserida biasanya terakumulasi. Trigliserida adalah sebuah lemak yang menyebabkan penyakit gula darah.

6. Menaikkan Berat Badan

Tingginya kadar air dalam sayuran hidroponik akan membuat tubuh anda mengalami kenaikan berat badan. Namun mekanismenya tidak seperti anda keracunan kortikosteorid. Namun memang gemuknya gemuk yang berisi, bukan gemuk air. Sebab, sayuran ini juga kaya dengan lemak HDL.

7. Membuang Lemak

Kandungan lemak HDL dalam sayuran hidroponik bermanfaat untuk membuang lemak jahat. Lemak jahat atau yang dikenal sebagai LDL memang begitu membahayakan bila jumlahnya terlalu banyak. Sebab, bisa menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan obesitas.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker bisa dicegah dengan gaya hidup baik, seperti: rajin olahraga dan makan makanan bergizi. Jika anda ingin sembuh dari kanker atau ingin mencegahnya, tak ada salahnya mencoba khasiat dari sayuran hidroponik ini.

9. Kaya dengan Protein

Kandungan protein yang tinggi pada sayuran hidroponik amat baik untuk membentuk sel tubuh anda. Pergantian sel-sel mati menjadi sel-sel baru juga lebih cepat.

10. Mengandung Asam Amino Essensial

Asam Amino Essensial adalah protein utama di dalam tubuh manusia yang tidak bisa diproduksi di dalam tubuh manusia sendiri. Sehingga keberadaannya perlu ditunjang dari luar. Seperti dengan mengonsumsi manfaat dan khasiat sayuran hidroponik ini.

Seperti itulah 10 manfaat sayuran yang ditanam dengan teknik hidroponik. Sungguh bermanfaat sekali, ya? Apalagi masih banyak manfaat lainnya yang juga berkhasiat, seperti di bawah ini:

15 Manfaat Sayuran Hidroponik untuk Kesehatan yang Lainnya:

11. Kaya dengan Zat Besi

12. Rendah Kalori

13. Mengandung Serat

14. Melancarkan Pencernaan

15. Mengatasi Biang Keringat

16. Antibiotik

17. Mengobati Radang Tenggorokan

18. Mengandung Vitamin B Kompleks

19. Kadar Vitamin C yang Tinggi

20. Kandungan Beta Karoten untuk Mata

21. Mengobati Mual

22. Hilangkan Sakit Kepala

21. Anti Depresan

22. Sembuhkan Stress

23. Meningkatkan Kapasitas Memori Otak

24. Melembabkan Kulit

25. Mood Stabilizer

8 views0 comments
!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page